Tutup

RENSTRA BADAN PENDAPATAN

Visi Polewali Mandar Maju Rakyat Sejahtera
Misi  
  Tujuan dan Sasaran Indikator Satuan Target
1 2 3 4 5
1.4 Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan yang Berkualitas dan Modern
Tujuan RPJMD :
1.4.1 Terwujudnya Pemerintahan yang Bersih, Akuntabel dan Modern
1.4.1.1 Indeks Reformasi Birokrasi angka 62,18 63,09 67,21 69,14 71,92
Sasaran RPJMD :
1.4.1.1 Meningkatnya Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah
1.4.1.1.1 Predikat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) predikat BB BB BB BB BB
1.4.1.1.2 Opini Pengelolaan Keuangan opini WTP WTP WTP WTP WTP
1.4.1.1.3 Tingkat maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) angka 3,03 3,04 3,11 3,53 3,65
Tujuan Renstra :
25.1 Meningkatnya Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah
25.1.1 Opini pengelolaan keuangan predikat WTP WTP WTP WTP WTP
Sasaran Renstra :
25.1.1 Meningkatnya pendapatan asli daerah
25.1.1.1 Persentase peningkatan penerimaan pajak daerah persen 26,376,000,000 27,670,000,000 26,376,000,000 27,670,000,000 28,930,000,000
25.1.1.2 Persentase peningkatan penerimaan retribusi daerah persen 15,120,439,000 15,307,477,600 15,120,439,000 15,307,477,600 16,531,570,000
Sasaran Program :
1.4.1.1.5 Meningkatnya kualitas pengelolaan pajak daerah dan retribusi daerah
1.4.1.1.5.1 Jumlah Penerimaan Pajak daerah rupiah 22,279,795,200 24,062,178,816 26,376,000,000 27,670,000,000 28,930,000,000
1.4.1.1.5.2 Jumlah Penerimaan Retribusi Daerah persen 11,307,600,000 12,212,208,000 15,120,439,000 15,307,477,600 16,531,570,000
1.4.1.1.5.3 Persentase administrasi pengelolaan pajak dan retribusi daerah yang tertib sesuai standar dan tepat waktu 100 100 100 100 100
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.1.5.25.1 Meningkatnya Penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah akuntansi dan Pelaporan
1.4.1.1.5.25.1.1 Jumlah Pajak Daerah yang Meningkat Penerimaannya rupiah 26,376,000,000 27,670,000,000 26,376,000,000 27,670,000,000 28,930,000,000
1.4.1.1.5.25.1.2 Jumlah Retribusi Daerah yang meningkat Penerimaannya rupiah 15,120,439,000 15,307,477,600 15,120,439,000 15,307,477,600 16,531,570,000
1.4.1.1.5.25.1.3 Presentase Administrasi Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah yang tertib sesusai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.1.5.25.1.1 Meningkatnya Kualitas Pengelolaan Pajak Daerah
1.4.1.1.5.25.1.1.1 Jumlah Dokumen Rencana Pengelolaan Pajak Daerah dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.1.5.25.1.2 Tersedianya Analis Pajak Daerah serta Pengembangan Pajak Daerah dan Kebijakan Pajak Daerah
1.4.1.1.5.25.1.2.1 Jumlah Dokumen Hasil Analis Pajak Daerah serta Pengembangan Pajak Daerah dan Kebijakan Pajak Daerah dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.1.5.25.1.3 Meningkatnya Pelaksanaan Penyuluhan dan Penyebarluasan Kebijakan Pajak Daerah
1.4.1.1.5.25.1.3.1 Jumlah Laporan Pelaksanaan Penyuluhan dan Penyebarluasan Kebijakan Pajak Daerah dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.1.5.25.1.4 Meningkatnya Kualitas Pendataan dan Pendaftaran Objek Pajak Daerah, Subjek Pajak dan Wajib Pajak Daerah
1.4.1.1.5.25.1.4.1 Jumlah Laporan Hasil Pendataan dan Pendaftaran Objek Pajak Daerah, Subjek Pajak dan Wajib Pajak Daerah dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.1.5.25.1.5 Meningkatnya Kualitas Pengolahan, Pemeliharaan dan Pelaporan Basis Data Pajak Daerah
1.4.1.1.5.25.1.5.1 Jumlah Laporan Hasil Pengolahan, Pemeliharaan dan Pelaporan Basis Data Pajak Daerah dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.1.5.25.1.6 Meningkatnya kualitas pelaksanaan Penagihan Pajak Daerah
1.4.1.1.5.25.1.6.1 Meningkatnya kualitas pelaksanaan Penagihan Pajak Daerah dokumen 7 7 7 7 7
1.4.1.1.5.25.1.7 Meningkatnya tata kelola Pemeriksaan, Pengendalian dan Pegawasan Pajak Daerah
1.4.1.1.5.25.1.7.1 Jumlah Dokumen Hasil Pemeriksaan serta pengendalian dan pengawasan Pajak Daerah dokumen 12 12 12 12 12
1.4.1.1.5.25.1.8 Meningkatnya kepatuhan wajib Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dalam membayar Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
1.4.1.1.5.25.1.8.1 Jumlah Laporan Hasil Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah laporan 5 5 5 5 5
1.4.1.2 Meningkatnya Kualitas Pelayanan Publik
1.4.1.2.1 Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) angka 2,57 3,3 2,71 3,58 3,64
1.4.1.2.2 Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Tujuan Renstra :
25.2 Meningkatnya Kualitas Manajemen Perkantoran
25.2.1 Indeks Kepuasan Masyarakat/Stakeholder predikat Baik Baik Baik Baik Baik
Sasaran Renstra :
25.2.1 Meningkatnya Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Badan
25.2.1.1 Indeks Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Badan predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
25.2.1.2 Predikat SAKIP Perangkat Daerah predikat A A A A A
25.2.1.3 Persentase tertib pengelolaan keuangan dan aset perangkat daerah persen 100 100 100 100 100
Sasaran Program :
1.4.1.2.5 Meningkatnya kualitas manajemen perkantoran
1.4.1.2.5.1 Persentase perencanaan perangkat daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu persen 90 100 100 100 100
1.4.1.2.5.2 Persentase pelaporan perangkat daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 92 96 96 96 100
1.4.1.2.5.3 Persentase tertib keuangan perangkat daerah persen 95,56 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.4 Persentase penyampaian laporan keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
1.4.1.2.5.5 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.6 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 93,33 95,56 95,56 97,78
1.4.1.2.5.7 Persentase tertib ketatausahaan kantor persen 70 75 80 85 85
1.4.1.2.5.8 Persentase sarana dan prasarana kantor kondisi baik persen 70 75 77 77 80
1.4.1.2.5.9 Persentase PNS perangkat daerah yang berkinerja baik persen 80 80 85 85 85
1.4.1.2.5.10 Persentase Perangkat Daerah yang tertib dalam tata kelola kelembagaan, ketatalaksanaan dan pelayanan publik persen 65 70 75 80 85
1.4.1.2.5.11 Indeks kepuasan layanan kehumasan dan keprotokoleran persen Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.5.25.1 Meningkatnya Kualitas Perencanaan, Pengendalian dan Pelaporan Kinerja Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.25.1.1 Persentase Perencanaan, Penganggaran, dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah Sesuai Standar dan Tepat Waktu persen 100 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.25.1.1 Meningkatnya kualitas Renja Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.25.1.1.1 Jumlah Dokumen Renja yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.25.1.2 Meningkatnya kualitas Dokumen Rencana Kerja Anggaran (RKA) Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.25.1.2.2 Jumlah dokumen Rencana Kerja Anggaran (RKA) Perangkat Daerah yang tersusun sesuai standar dokumen 4 4 4 4 4
1.4.1.2.5.25.1.3 Meningkatnya kualitas penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.25.1.3.1 Jumlah laporan akuntabilitas kinerja perangkat Daerah sesuai standar dan tepat waktu dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.25.1.4 Meningkatnya kualitas Laporan kinerja perangkat Daerah
1.4.1.2.5.25.1.4.1 Jumlah Laporan Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah Sesuai Standat dan Tepat Waktu dokumen 4 4 4 4 4
1.4.1.2.5.25.2 Meningkatnya Kualitas Pengelolaan Keuangan Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.25.2.1 Persentase Penyampaian laporan Keuangan Sesuai Standar dan Tepat Waktu persen 100 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.25.2.1 Meningkatnya kualitas pengelolaan gaji dan tambahan penghasilan ASN Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.25.2.1.1 Jumlah ASN yang dibayarkan Gaji dan Tunjangannya orang 40 38 38 38 38
1.4.1.2.5.25.2.2 Meningkatnya kualitas penyusunan laporan keuangan akhir tahun
1.4.1.2.5.25.2.2.1 Jumlah dokumen Laporan keuangan akhir tahun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.25.2.3 Meningkatnya kualitas Laporan keuangan berkala
1.4.1.2.5.25.2.3.1 Jumlah Laporan Keuangan Berkala Sesuai standar dan Tepat Waktu dokumen 3 3 3 3 3
1.4.1.2.5.25.3 Meningkatnya Tertib Administrasi Umum Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.25.3.1 Persentase Tertib Administrasi Umum Kantor persen 100 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.25.3.1 Terpenuhinya kebutuhan komponen instalasi listrik / penerangan
1.4.1.2.5.25.3.1.1 Jumlah Jenis komponen instalasi listrik/ penerangan yang tersedia jenis 24 24 4 4 4
1.4.1.2.5.25.3.2 Terpenuhinya kebutuhan makan minum
1.4.1.2.5.25.3.2.1 Jumlah jenis makan minum yang tersedia jenis 2 2 3 3 3
1.4.1.2.5.25.3.3 Terpenuhinya kebutuhan cetak dan penggandaan
1.4.1.2.5.25.3.3.1 Jumlah jenis cetak dan penggandaan yang tersedia jenis 13 13 13 13 13
1.4.1.2.5.25.3.4 Terpenuhinya kebutuhan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-Undangan
1.4.1.2.5.25.3.4.1 Jumlah Jenis Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-undangan jenis 1 1 2 2 2
1.4.1.2.5.25.3.5 Terpenuhinya kebutuhan alat tulis kantor
1.4.1.2.5.25.3.5.1 Jumlah jenis alat tulis kantor yang tersedia jenis 24 24 30 30 30
1.4.1.2.5.25.3.6 Terpenuhinya kebutuhan koordinasi dan konsultasi perangkat daerah
1.4.1.2.5.25.3.6.1 Jumlah Laporan Koordinasi dan Konsultasi dalam Daerah laporan 55 55 42 42 42
1.4.1.2.5.25.3.6.2 Jumlah Laporan Koordinasi dan Konsultasi Luar Daerah laporan 40 40 61 61 61
1.4.1.2.5.25.4 Optimalnya Ketersediaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1.4.1.2.5.25.4.1 Persentase Tertib Administrasi Umum Kantor persen 100 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.25.4.1 Terpenuhinya kebutuhan alat kantor dan perlengkapan gedung kantor
1.4.1.2.5.25.4.1.1 Jumlah jenis peralatan dan perlengkapan kantor unit 8 8 23 23 23
1.4.1.2.5.25.4.2 Terpenuhinya kebutuhan Kendaraan Dinas Operasional atau Lapangan yang Disediakan
1.4.1.2.5.25.4.2.1 Jumlah Jenis Kendaraan Dinas Operasional atau Lapangan unit 4
1.4.1.2.5.25.4.3 Terpenuhinya kebutuhan mebeuleur kantor
1.4.1.2.5.25.4.3.1 Jumlah Unit mebeleur unit 2
1.4.1.2.5.25.5 Meningkatnya Tertib Ketersediaan Jasa Penunjang Administrasi Kantor
1.4.1.2.5.25.5.1 Presentase Ketersediaan Jasa Penunjang Administrasi Kantor sesuai standar dan prosedur persen 100 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.25.5.1 Meningkatnya tertib persuratan dan administrasi kepegawaian
1.4.1.2.5.25.5.1.1 Jumlah Surat masuk dan keluar yang terkelola surat 3,200 3,200 3,200 3,200 3,200
1.4.1.2.5.25.5.2 Terpenuhinya kebutuhan komunikasi, sumber daya air dan listrik
1.4.1.2.5.25.5.2.1 Jumlah Jenis kebutuhan komunikasi yang terpenuhi jenis 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.25.5.3 Meningkatnya kebersihan gedung dan halaman kantor
1.4.1.2.5.25.5.3.1 Luas gedungn dan halaman kantor kondisi bersih m2 95 95 95 95 95
1.4.1.2.5.25.6 Meningkatnya Kemanfaatan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1.4.1.2.5.25.6.1 Presentase Pemenuhan Pemeliharaan BMD sesuai RKPBMD persen 100 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.25.6.1 Tertibnya perizinan dan terpeliharanya kendaraan dinas operasional
1.4.1.2.5.25.6.1.1 Jumlah unit kendaraan operasional yang terpelihara dan dilengkapi surat izin unit 20 20 19 19 19
1.4.1.2.5.25.6.2 Terjaminnya kemanfaatan peralatan mesin dan kantor
1.4.1.2.5.25.6.2.1 Jumlah peralatan dan mesin kantor yang terpelihara jenis 4 4 4 4 4
1.4.1.2.5.25.6.3 Terjaminnya kemanfaatan gedung kantor
1.4.1.2.5.25.6.3.1 Luas Bangunan dan Halaman Kantor yang Terpelihara unit 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.25.7 Meningkatnya Tertib Administrasi Kepegawaaian Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.25.7.1 Persentase Tertib Administasi Kepegawaian Perangkat Daerah persen 100 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.25.7.1 Terpenuhinya kebutuhan pakaian dinas pegawai
1.4.1.2.5.25.7.1. Jumlah Pakaian Dinas Beserta Atribut Kelengkapannya Paket 40 40 38 38 38
1.4.1.2.5.25.7.2 Meningkatnya Kompetensi Pegawai pada Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.25.7.2.1 Jumlah pegawai yang menyelesaikan pelatihan orang 3 3 2 2 2