Tutup

RENSTRA INSPEKTORAT

Visi Polewali Mandar Maju Rakyat Sejahtera
Misi  
  Tujuan dan Sasaran Indikator Satuan Target
1 2 3 4 5
1.4 Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan yang Berkualitas dan Modern
Tujuan RPJMD :
1.4.1 Terwujudnya Pemerintahan yang Bersih, Akuntabel dan Modern
1.4.1.1 Indeks Reformasi Birokrasi angka 62,18 63,09 67,21 69,14 71,92
Sasaran RPJMD :
1.4.1.1 Meningkatnya Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah
1.4.1.1.1 Predikat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) predikat BB BB BB BB BB
1.4.1.1.2 Opini Pengelolaan Keuangan opini WTP WTP WTP WTP WTP
1.4.1.1.3 Tingkat maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) angka 3,03 3,04 3,11 3,53 3,65
Tujuan Renstra :
3.1 Meningkatnya Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah
3.1.1 Tingkat maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) angka 3,038 3,038 3,114 3,152 3,152
Sasaran Renstra :
3.1.1 Meningkatnya kualitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP)
3.1.1.1 Persentase perangkat daerah yang menerapkan SPIP secara memadai persen 20,45 27,27 31,82 38,64 45,45
3.1.1.2 Persentase aparat pengawasan internal pemerintah yang kompeten persen 66,67 73,81 80,95 88,10 100
Sasaran Program :
1.4.1.1.6 Meningkatnya kepatuhan perangkat daerah dalam penerapan SPIP
1.4.1.1.6.1 Persentase perangkat daerah yang menerapkan SPIP persen 31,82 31,82 38,64 38,64 45,45
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.1.6.3.2 Meningkatnya Kualitas Tindak Lanjut Hasil Pengawasan dengan tujuan tertentu
1.4.1.1.6.3.2.2 Persentase hasil pengawasan dengan tujuan tertentu telah ditindaklanjuti sesuai standar dan prosedur persen 20,45 27,27 31,82 38,82 45,45
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.1.6.3.2.1 Tersedianya Laporan tindak lanjut Penyelesaian Kerugian Negara
1.4.1.1.6.3.2.1.1 Jumlah laporan tindak lanjut penyelesaian kerugian negara laporan 3 Laporan 3 Laporan 3 Laporan 3 Laporan 3 Laporan
1.4.1.1.6.3.2.2 Tersedianya Laporan Hasil Pengawasan dengan tujuan tertentu
1.4.1.1.6.3.2.2.1 Jumlah Laporan Hasil Pengawasan dengan tujuan tertentu laporan 12 Laporan 12 Laporan 12 Laporan 12 Laporan 12 Laporan
1.4.1.1.6.3.8 Meningkatnya Kualitas tindaklanjut hasil pengawasan internal
1.4.1.1.6.3.8. Persentase hasil pengawasan internal telah ditindaklanjuti sesuai standar dan prosedur persen 31,82% 38,64% 31,82% 38,82% 45,45%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.1.6.3.8.1 Tersedianya Laporan Hasil Pengawasa Pemerintah Daerah
1.4.1.1.6.3.8.1.1 Jumlah laporan dan rekomendasi hasil pengawasan kinerja pemerintah daerah laporan 51 Laporan 51 Laporan 51 Laporan 51 Laporan 51 Laporan
1.4.1.1.6.3.8.2 Tersedianya Laporan Hasil Pengawasan Keuangan Pemerintah Daerah
1.4.1.1.6.3.8.2.2 Jumlah laporan dan rekomendasi hasil pengawasan keuangan perangkat daerah laporan 4 Laporan 4 Laporan 4 Laporan 4 Laporan 4 Laporan
1.4.1.1.6.3.8.3 Tersedianya Reviu Laporan Kinerja Pemerintah Daerah
1.4.1.1.6.3.8.3.3 Jumlah hasil Reviu laporan kinerja pemerintah daerah laporan 19 Laporan 19 Laporan 19 Laporan 19 Laporan 19 Laporan
1.4.1.1.6.3.8.4 Tersedianya Reviu Laporan Keuangan Pemerintah Daerah
1.4.1.1.6.3.8.4.4 Jumlah hasil reviu keuangan pemerintah daerah laporan 5 Laporan 5 Laporan 5 Laporan 5 Laporan 5 Laporan
1.4.1.1.6.3.8.5 Tersedianya Laporan Hasil Pengawasan Desa
1.4.1.1.6.3.8.5.5 Jumlah laporan dan rekomendasi hasil pemeriksaan Desa laporan 16 Laporan 16 Laporan 16 Laporan 16 Laporan 16 Laporan
1.4.1.1.6.3.8.6 Optimalnya tindak lanjut Pengawasan Internal
1.4.1.1.6.3.8.6.6 Jumlah tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan pengawasan internal kegiatan 4 Kegiatan 4 Kegiatan 4 Kegiatan 4 Kegiatan 4 Kegiatan
1.4.1.1.6.3.8.7 Optimalnya tindak lanjut rekomendasi hasil monitoring dan evaluasi Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI dan tindak lanjut hasil pemeriksaan APIP
1.4.1.1.6.3.8.7.7 Jumlah tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK RI dan tindak lanjut hasil pemeriksaan APIP dokumen 5 Dokumen 5 Dokumen 5 Dokumen 5 Dokumen 5 Dokumen
1.4.1.1.7 Meningkatnya kualitas Aparat Pengawasan Internal Pemerintah
1.4.1.1.7.1 Persentase aparat pengawasan internal pemerintah yang kompeten persen 61,90 61,90 80,95 88,10 100
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.1.7.3.1 Meningkatnya kualitas kebijakan teknis di bidang pengawasan
1.4.1.1.7.3.1.1 Persentase kebijakan teknis bidang pengawasan yang efektif untuk tercepaianya tujuan pengawasan predikat Level 3 Level 3 Level 3 Level 3 Level 3
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.1.7.3.1.1 Tersedianya Rekomendasi hasil pendampingan dan asistensi Urusan Pemerintah daerah
1.4.1.1.7.3.1.1.3 Jumlah perangkat daerah yang dilakukan pendampingan,asistensi urusan PD dokumen 12 Doukmen 12 Doukmen 12 Doukmen 12 Doukmen 12 Doukmen
1.4.1.1.7.3.1.2 Tersedianya Rekomendasil hasil Asistensi Verifikasi dan Penilaian Reformasi dan Birokrasi
1.4.1.1.7.3.1.2.2 Jumlah perangkat daerah yang dilakukan pendampingan,asistensi dan penilaian RB dokumen 1 Dokumen 1 Dokumen 1 Dokumen 1 Dokumen 1 Dokumen
1.4.1.1.7.3.1.3 Optimalnya hasil koordinasi,monitoring dan Evaluasi serta Verifikasi Pencegahan dan Pemberatasan Korupsi
1.4.1.1.7.3.1.3.1 Jumlah Aparatur yang menandatangani fakta Integritas kegiatan 4 Kegiatan 4 Kegiatan 4 Kegiatan 4 Kegiatan 4 Kegiatan
1.4.1.1.7.3.1.4 Meningkatnya Integritas Aparatur Di lingkungan Perangkat Daerah
1.4.1.1.7.3.1.4.4 Jumlah Aparatur yang menandatangani fakta Integritas laporan 4 Perangkat daerah 4 Perangkat daerah 14 Perangkat daerah 4 Perangkat daerah 4 Perangkat daerah
1.4.1.1.7.3.11 Meningkatnya kepatuhan terhadap standar dan prosedur penyelenggaraan urusan pemerintah daerah
1.4.1.1.7.3.11. Persentase perangkat daerah yang mematuhi standar dan prosedur penyelenggaraan urusan pemerintah daerah persen 61,90% 80,95% 88,10% 80,95% 88,10%
1.4.1.2 Meningkatnya Kualitas Pelayanan Publik
1.4.1.2.1 Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) angka 2,57 3,3 2,71 3,58 3,64
1.4.1.2.2 Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Tujuan Renstra :
3.2 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
3.2.1 Indeks Kepuasan Masyarakat predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Renstra :
3.2.1 Meningkatnya kualitas tata kelola Pemerintahan Perangkat Daerah
3.2.1.1 Predikat SAKIP Perangkat Daerah opini B BB BB BB BB
3.2.1.2 Persentase Tertib Pengelolaan Keuangan dan Aset Perangkat Daerah persen 93,33% 95,56% 93,33% 95,56% 97,78%
3.2.1.3 Indeks Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Perangkat Daerah predikat Baik baik sangat baik sangat baik sangat baik
Sasaran Program :
1.4.1.2.5 Meningkatnya kualitas manajemen perkantoran
1.4.1.2.5.1 Persentase perencanaan perangkat daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu persen 90 100 100 100 100
1.4.1.2.5.2 Persentase pelaporan perangkat daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 92 96 96 96 100
1.4.1.2.5.3 Persentase tertib keuangan perangkat daerah persen 95,56 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.4 Persentase penyampaian laporan keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
1.4.1.2.5.5 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.6 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 93,33 95,56 95,56 97,78
1.4.1.2.5.7 Persentase tertib ketatausahaan kantor persen 70 75 80 85 85
1.4.1.2.5.8 Persentase sarana dan prasarana kantor kondisi baik persen 70 75 77 77 80
1.4.1.2.5.9 Persentase PNS perangkat daerah yang berkinerja baik persen 80 80 85 85 85
1.4.1.2.5.10 Persentase Perangkat Daerah yang tertib dalam tata kelola kelembagaan, ketatalaksanaan dan pelayanan publik persen 65 70 75 80 85
1.4.1.2.5.11 Indeks kepuasan layanan kehumasan dan keprotokoleran persen Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.5.3.1 Meningkatnya Kualitas Perencanaan,Pengendalian dan Pelaporan Kinerja perangakat daerah
1.4.1.2.5.3.1.1 Persentase Perencanaan ,Penganggaran dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.3.1.1 Meningkatnya kualitas Perencanaan Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.3.1.1.1 Jumlah Renja yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.3.1.2 Meningkatnya Kualitas rencana kerja anggaran (RKA ) Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.3.1.2.2 Jumlah Rencana kerja anggaran (RKA) Perangkat daerah yang tersusun dengan tepat waktu dokumen 4 4 4 4 4
1.4.1.2.5.3.1.3 Meningkatnya kualitas Rekomendasi monitoring, evaluasi dan pelaporan kinerja secara berkala
1.4.1.2.5.3.1.3.3 Jumlah Rekomendasi Hasil Monitoring Evaluasi dan Pelaporan Kinerja yang Tersusun Sesuai Standar dan Tepat Waktu dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.3.1.4 Meningkatnya kualitas Rencana Kerja Anggaran Perubahan (RKA) Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.3.1.4.4 Jumlah Rencana Kerja Anggaran Perubahan(RKA) Perangkat Daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.3.2 Meningkatnya Kualitas Pengelolaan keunagan perangkata daerah
1.4.1.2.5.3.2.2 Persentase Laporan Keuangan Sesuai standar dan tepat waktu persen 95,56 95,56 95,56 97,78 97,78
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.3.2.1 Terpenuhinya Gaji dan Tunjangan ASN
1.4.1.2.5.3.2.1.1 Jumlah ASN yang menerima Gaji,Tunjangan dan Tambahan Penghasilan orang 57 57 57 57 57
1.4.1.2.5.3.2.2 Meningkatnya kualitas Laporan Keuangan Akhir Tahun
1.4.1.2.5.3.2.2.1 Jumlah Laporan Keuangan Akhir Tahun SKPD dan laporan Koordinasi Penyusunan Laporan Akhir Tahun SKPD persen 86,67% 93,33% 95,56% 97,78% 100%
1.4.1.2.5.3.3 Meningkatnya tertib administrasi kepegawaian Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.3.3.2 Persentase Tertib Administrasi Kepegawaian Perangkat Daerah persen 80,00% 85,00% 85.00% 85,00% 90,00%
1.4.1.2.5.3.3.3 Persentase Tertib Administrasi Kepegawaian Perangkat Daerah persen 80 85 85 85 90
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.3.3.1 Meningkatnya Kompotensi Pegawai Pada Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.3.3.1.1 Jumlah pegawai yang menyelesaikan Pelatihan persen 80,00% 85,00% 85.00% 85,00% 90,00%
1.4.1.2.5.3.3.2 Terpenuhinya Kebutuhan Pakaian Dinas Pegawai
1.4.1.2.5.3.3.2.2 jumlah paket pakaian dinas beserta atribut kelengkapannya persen 80,00% 85,00% 85.00% 85,00% 90,00%
1.4.1.2.5.3.4 Persentase Tertib administrasi umum kantor
1.4.1.2.5.3.4.4 Persentase tertib adminstrasi Kantor persen 75 80 85 85 90
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.3.4.1 Terpenuhinya Kebutuhan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan
1.4.1.2.5.3.4.1.1 Jumlah jenis komponen instalsi listrik/penerangan yang tersedia jenis 7 7 7 7 7
1.4.1.2.5.3.4.2 Terpenuhinya Kebutuhan Makanan dan Minuman
1.4.1.2.5.3.4.2.2 Jumlah jenis makan dan Minum yang tersedia Paket 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.3.4.3 Terpenuhinya Kebutuhan Cetak dan Penggadaan
1.4.1.2.5.3.4.3.1 Jumlah Jenis Cetak dan Penggadaan yang tersedia jenis 3 Jenis 3 Jenis 3 Jenis 3 Jenis 3 Jenis
1.4.1.2.5.3.4.4 Terpenuhinya Kebutuhan Bahan Bacaan Koran dan Majalah
1.4.1.2.5.3.4.4.2 Jumlah jenis bahan bacaan dan perundang-undangan jenis 3 Jenis 3 Jenis 3 Jenis 3 Jenis 3 Jenis
1.4.1.2.5.3.4.5 Terpenuhinya kebutuhan Alat Tulis Kantor
1.4.1.2.5.3.4.5.3 Jumlah jenis Alat tulis kantor yang tersedia jenis 16 Jenis 16 Jenis 16 Jenis 16 Jenis 16 Jenis
1.4.1.2.5.3.4.6 Terpenuhinya Kebutuhan koordinas dan Konsultasi dalam dan luar daerah
1.4.1.2.5.3.4.6.4 Jumlah laporan koordinasi dan konsultasi dalam dan luar daerah laporan 155 Laporan 155 Laporan 155 Laporan 155 Laporan 155 Laporan
1.4.1.2.5.3.5 Optimalnya ketersediaan barang milik daerah perunjang urusan pemerintah daerah
1.4.1.2.5.3.5.5 Persentase ketersediaan kebutuhan BMD sesuai RKBMD persen 77 77 77 80 80
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.3.5.1 Terpenuhinya Kebutuhan Meuber kantor
1.4.1.2.5.3.5.1.1 Jumlah Unit Meubeler jenis 4 Jenis 4 Jenis 4 Jenis 4 Jenis 4 Jenis
1.4.1.2.5.3.5.2 Terpenuhinya Kebutuhan peralatan dan Mesin lainnya
1.4.1.2.5.3.5.2.2 Jumlah jenis alat kantor yang tersedia jenis 11 Jenis 11 Jenis 11 Jenis 11 Jenis 11 Jenis
1.4.1.2.5.3.6 Meningkatnya tertib ketersediaan penunjang administrasi kantor
1.4.1.2.5.3.6.6 Pwrsentase Ketersediaan jasa penunjang administrasi kantor sesuai standar dan prosedur persen 75 75 80 85 90
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.3.6.1 Meningkatnya tertib Administrasi Ketatausahaan
1.4.1.2.5.3.6.1.1 Jumlah surat masuk dan surat keluar dan administrasi ketatausahaan lainnya yang terkelola surat 1200 Surat 1200 Surat 1200 Surat 1200 Surat 1200 Surat
1.4.1.2.5.3.6.2 Terpenuhinya Kebutuhan Komunikasi,Sumber daya Air dan Listrik
1.4.1.2.5.3.6.2.2 Jumlah jenis kebutuhan komunikasi,sumber daya air dan listrik yang terpenuhi jenis 2 jenis 2 jenis 2 jenis 2 jenis 2 jenis
1.4.1.2.5.3.6.3 Meningkatnya Kebersihan Gedung dan Halaman Kantor
1.4.1.2.5.3.6.3.3 Luas gedung dan halaman kantor kondisi bersih m2 1600 M2 1600 M2 1600 M2 1600 M2 1600 M2
1.4.1.2.5.3.7 Meningkatnya Kemanfaatan Barang Milik Daerah Penunjang urusan pemerintah daerah
1.4.1.2.5.3.7.7 Persentase Pemenuhan Pemeliharaan BMD sesuai RKPBMD persen 77 77 77 80 80
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.3.7.1 Tertibnya Perizinan kendaraan dinas dan operasional.
1.4.1.2.5.3.7.1.1 Jumlah kendaraan yang dilengkapi Surat izin unit 9 Unit 9 Unit 9 Unit 9 Unit 9 Unit
1.4.1.2.5.3.7.2 Terjaminya Kemanfaatan peralatan dan mesin kantor
1.4.1.2.5.3.7.2.2 Jumlah Peralatan dan Mesin kantor yang terpelihara unit 23 Unit 23 Unit 23 Unit 23 Unit 23 Unit
1.4.1.2.5.3.7.3 Terjaminnya Kemanfaatan Gedung Kantor
1.4.1.2.5.3.7.3.3 Luas bangunan dan halaman kantor yang terpelihara unit 114 Unit 114 Unit 114 Unit 114 Unit 114 Unit