Tutup

RENSTRA DINAS KESEHATAN

Visi Polewali Mandar Maju Rakyat Sejahtera
Misi  
  Tujuan dan Sasaran Indikator Satuan Target
1 2 3 4 5
1.1 Mewujudkan Taraf Hidup Masyarakat yang Lebih Baik dan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas dan Religius
Tujuan RPJMD :
1.1.2 Meningkatnya Kualitas Sumber Daya Manusia
1.1.2.1 Indeks Pembangunan Manusia angka 63,74 63,84 64,42 65,19 65,96
Sasaran RPJMD :
1.1.2.2 Meningkatnya Derajat Kesehatan
1.1.2.2.1 Angka Harapan Hidup (AHH) tahun 62,18 62,38 62,47 62,63 62,79
1.1.2.2.2 Prevalensi Stunting persen 24,16 21,6 20.1 16,6 17,1
Tujuan Renstra :
5.1 Meningkatnya Derajat Kesehatan
5.1.1 Angka Harapan Hidup angka 62,18 62,38 62,47 62,63 62,97
Sasaran Renstra :
5.1.1 Meningkatnya kualitas kesehatan perorangan dan kesehatan masyarakat
5.1.1.1 Angka Kematian Ibu per 100.000 kelahiran hidup 7,3 7,4 7,51 7,62 7,72
5.1.1.2 Angka Kematian Bayi per 1000 kelahiran hidup 13,61 13,9 14,2 14,5 14,8
5.1.1.3 Angka Kesakitan Penyakit Menular TB per 100000 penduduk 204 204 204 204 204
5.1.1.4 Angka Kesakitan Penyakit Menular HIV/ AIDS per 1000 penduduk 1 1 1 1 0
5.1.1.5 Angka Kesakitan Penyakit Menular Kusta per 10.000 penduduk 1,5 1,5 1 1 1
5.1.1.7 Angka Kesakitan Penyakit Menular Pneumonia Balita per 1000 balita 5 5 4 4 3
5.1.1.8 Angka Kesakitan Penyakit Menular Hepatitis B per 1000 ibu hamil 3 3 3 2 1
5.1.1.9 Angka Kesakitan Penyakit Menular Diare per 1000 penduduk 30 29 27 25 23
5.1.1.10 Angka Kesakitan Penyakit Tidak Menular Hipertensi per 1000 penduduk 80 77 74 71 68
5.1.1.11 Angka Kesakitan Penyakit Tidak Menular Diabetes Melitus per 1000 penduduk 18 17 16 15 14
5.1.1.12 Angka Kesakitan Penyakit Tidak Menular Orang Dengan Gangguan Jiwa Berat per 1000 penduduk 0,3 0,3 0,2 0,2 0,1
5.1.1.13 Prevalensi Penduduk Lanjut Usia Risiko Tinggi per 1000 Lansia 332 319 306 293 280
5.1.1.14 Prevalensi Stunting persen 24,16 21,6 20,1 18,6 17,1
5.1.1.15 Persentase masyarakat yang memperoleh jaminan kesehatan persen 65,40 65,40 92 95 95
Sasaran Program :
1.1.2.2.1 Meningkatnya kualitas akses dan layanan kesehatan
1.1.2.2.1.1 Persentase puskesmas dengan status akreditasi Dasar persen 26 15 0 0 0
1.1.2.2.1.2 Persentase puskesmas dengan status akreditasi Madya persen 63 60 70 68 68
1.1.2.2.1.3 Persentase puskesmas dengan status akreditasi Utama persen 11 21 25 25 27
1.1.2.2.1.4 Persentase puskesmas dengan status akreditasi Paripurna persen 0 4 5 5 5
1.1.2.2.1.5 Persentase masyarakat yang memperoleh jaminan kesehatan persen 65,40 65,40 92 95 95
1.1.2.2.1.6 Angka kematian ibu per 100.000 kelahiran hidup 300 267 234 201 168
1.1.2.2.1.7 Angka kematian bayi per 1000 kelahiran hidup 11 11 11 11 11
1.1.2.2.1.8 Persentase sarana dan prasarana kesehatan dalam kondisi baik persen 63 65 67 69 72
1.1.2.2.1.9 Persentase sarana dan prasarana Poskesdes dalam kondisi baik persen 50 52 54 56 58
1.1.2.2.1.10 Persentase sarana dan prasarana Pustu dalam kondisi baik persen 30 32 34 36 38
1.1.2.2.1.11 Persentase sarana dan prasarana Puskesmas dalam kondisi baik persen 100 100 100 100 100
1.1.2.2.1.12 Persentase sarana dan prasarana Alat kesehatan dalam kondisi baik persen 100 100 100 100 100
1.1.2.2.1.13 ersentase sarana dan prasarana Puskesmas Keliling dalam kondisi baik persen 0 100 100 100 100
1.1.2.2.1.14 Prevalensi Penduduk Lanjut Usia Risiko Tinggi per 1000 Lansia 332 319 306 293 280
1.1.2.2.1.15 Persentase Desa/Kelurahan STBM persen 2 3 4 5 6
1.1.2.2.1.16 Indeks Kepuasan Layanan RS persen 79,3 82,41 85 86 87
Sasaran Kegiatan :
1.1.2.2.1.5.1 Meningkatnya Kualitas Pelayanan UKM dan UKP di Puskesmas
1.1.2.2.1.5.1.1 Persentase Puskesmas yang telah melaksanakan pelayanan UKM dan UKP sesuai standar persen
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.1.5.1.1 Tersedianya Rumah Dinas Baru Tanaga Kesehatan
1.1.2.2.1.5.1.1. Jumlah Rumah Dinas Tenaga Kesehatan yang terbangun unit
1.1.2.2.1.5.1.2 Tersedianya Bangunan Baru Puskesmas
1.1.2.2.1.5.1.2. Jumlah Puskesmas yang terbangun unit
1.1.2.2.1.5.1.3 Tersedianya Tambahan sarana di Fasilitasi Layanan Kesehatan
1.1.2.2.1.5.1.3. Jumlah jenis sarana baru di fasilitas pelayanan kesehatan jenis
1.1.2.2.1.5.1.6 Optimalnya Fungsi Alat Kesehatan
1.1.2.2.1.5.1.6. Jumlah alat kesehatan yang telah dikalibrasi jenis
1.1.2.2.1.5.1.7 Tersedianya Fasilitas Kesehatan Baru pada RSUD
1.1.2.2.1.5.1.7. Jumlah Gedung Pelayanan RS/Fasilitas Kesehatan yang terbangun Gedung
1.1.2.2.1.5.1.8 Optimalnya Fungsi Sarana dan Prasarana RSUD
1.1.2.2.1.5.1.8. Jumlah Sarana dan Prasarana RS yang berfungsi dengan baik unit
1.1.2.2.1.5.1.9 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan Tradisional
1.1.2.2.1.5.1.9. Jumlah FKTP yang bersinergi dengan Pelayanan Kesehatan Tradisional unit
1.1.2.2.1.5.2 Meningkatnya Kualitas Pelayanan Kesehatan UKM dan UKP Rujukan Tingkat Daerah
1.1.2.2.1.5.2.1 Persentase Puskesmas yang telah melaksanakan Pelayanan UKM dan UKP Rujukan Tingkat Daerah Kabupaten sesuai standar persen
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.1.5.2.1 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan Ibu Hamil
1.1.2.2.1.5.2.1. Jumlah Ibu Hamil yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar orang
1.1.2.2.1.5.2.2 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan Ibu Bersalin, Ibu Nifas
1.1.2.2.1.5.2.2. Jumlah Ibu Bersalin yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar orang
1.1.2.2.1.5.2.3 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan Bayi
1.1.2.2.1.5.2.3. Jumlah Bayi Baru Lahir yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar orang
1.1.2.2.1.5.2.4 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan anak balita
1.1.2.2.1.5.2.4. Jumlah Balita yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar orang
1.1.2.2.1.5.2.5 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan Anak Usia Pendidikan dasar
1.1.2.2.1.5.2.5. Jumlah Anak Usia Pendidikan Dasar yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar orang
1.1.2.2.1.5.2.6 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan pada usia produktif
1.1.2.2.1.5.2.6.1 Jumlah penduduk usia produktif yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar orang
1.1.2.2.1.5.2.8 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan Penderita hipertensi
1.1.2.2.1.5.2.8. Jumlah Penderita Hipertensi yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan sesuai standar orang
1.1.2.2.1.5.2.9 Meningkatnya kualitas layanan kesehatan penderita Diabetes melitus
1.1.2.2.1.5.2.9. Jumlah Penderita Diabetes Mellitus yang Mendapatkan Pelayanan Kesehatan sesuai standar orang
1.1.2.2.1.5.2.10 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan penderita ODGJ
1.1.2.2.1.5.2.10. Jumlah orang yang mendapatkan pelayanan kesehatan Orang Dengan Gangguan Jiwa Berat (ODGJ) sesuai standar orang
1.1.2.2.1.5.2.11 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan Penderita tuberkulosis
1.1.2.2.1.5.2.11. Jumlah orang terduga menderita Tuberkulosis yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar orang
1.1.2.2.1.5.2.12 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan Penderita HIV/AIDS
1.1.2.2.1.5.2.12. Jumlah orang terduga menderita HIV yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar orang
1.1.2.2.1.5.2.13 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan Gizi Masyarakat
1.1.2.2.1.5.2.13.1 Jumlah dokumen hasil pengelolaan pelayanan kesehatan Gizi Masyarakat dokumen
1.1.2.2.1.5.2.14 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan Kerja dan olahraga
1.1.2.2.1.5.2.14.1 Jumlah dokumen hasil pengelolaan pelayanan Kesehatan Kerja dan Olahraga dokumen
1.1.2.2.1.5.2.15 Meningkatnya kualitas Layanan Kesehatan Lingkungan
1.1.2.2.1.5.2.15.1 Jumlah dokumen hasil pengelolaan pelayanan kesehatan lingkungan dokumen
1.1.2.2.1.5.2.17 Meningkatnya Respon Sinyal Kewaspadaan Dini
1.1.2.2.1.5.2.17. Jumlah dokumen hasil pengelolaan Surveilans Kesehatan dokumen
1.1.2.2.1.5.2.18 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan Khusus
1.1.2.2.1.5.2.18.1 Jumlah Dokumen Hasil Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Khusus dokumen
1.1.2.2.1.5.2.19 Meningkatnya Kualitas Layananan Kesehatan Penyakit Menular dan tidak Menular
1.1.2.2.1.5.2.19.1 Jumlah Dokumen Hasil Pelayanan Kesehatan Penyakit Menular dan Tidak Menular dokumen
1.1.2.2.1.5.2.20 Meningkatnya Kualitas JKN
1.1.2.2.1.5.2.20.1 Jumlah dokumen hasil pengelolaan Jaminan Kesehatan Masyarakat dokumen
1.1.2.2.1.5.2.21 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan di RSUD Wonomulyo
1.1.2.2.1.5.2.22 Meningkatnya Kualitas Laporan Operasional Puskesmas
1.1.2.2.1.5.2.22. Jumlah Dokumen Operasional Pelayanan Puskesmas dokumen
1.1.2.2.1.5.2.23 Optimalnya Pendapatan Labkesda
1.1.2.2.1.5.2.23. Target Pendapatan Layanan Laboratorium Kesehatan rupiah
1.1.2.2.1.5.2.24 Optimalnya Akreditasi Puskesmas
1.1.2.2.1.5.2.24. Jumlah fasilitas kesehatan yang terakreditasi di kabupaten/kota unit
1.1.2.2.1.5.2.25 Optimalnya Desa UCI
1.1.2.2.1.5.2.25. Jumlah laporan hasil investigasi awal kejadian tidak diharapkan (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi dan Pemberian Obat Massal) laporan
1.1.2.2.1.5.2.26 Optimalnya Penanganan KLB di Desa
1.1.2.2.1.5.2.26. Jumlah dokumen hasil pelaksanaan kewaspadaan dini dan respon wabah dokumen
1.1.2.2.1.5.2.27 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan Lansia
1.1.2.2.1.5.2.27.1 Jumlah penduduk usia lanjut yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar orang
1.1.2.2.1.5.2.28 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan Orang dengan Masalah Kesehatan Jiwa (ODMK)
1.1.2.2.1.5.2.28. Jumlah Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) yang mendapatkan pelayanan kesehatan orang
1.1.2.2.1.5.2.35 Meningkatnya Kualitas Operasional Pelayanan Fasilitas Kesehatan Lainnya
1.1.2.2.1.5.2.35. Jumlah Dokumen Operasional Pelayanan Fasilitas Kesehatan Lainnya dokumen
1.1.2.2.1.5.2.38 Tersedianya Penyediaan dan Pengelolaan Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT)
1.1.2.2.1.5.2.38. Jumlah Public Safety Center (PSC 119) Tersediaan, Terkelolaan dan Terintegrasi dengan Rumah Sakit dalam Satu Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) unit
1.1.2.2.1.5.3 Meningkatnya Kualitas Pelaporan Berbasis Manual dan Elektronik
1.1.2.2.1.5.3.1 Persentase Pelaporan berbasis manual dan elektronik memenuhi standar pelaporan persen
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.1.5.3.1 Meningkatnya Kualitas Pelaporan
1.1.2.2.1.5.3.2 Meningkatnya kualitas pengelolaan Sistem Informasi Kesehatan
1.1.2.2.1.5.3.2. Jumlah dokumen hasil pengelolaan Sistem Informasi Kesehatan dokumen
1.1.2.2.1.5.4 Meningkatnya Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit Tipe D
1.1.2.2.1.5.4.1 Persentase Puskesmas dan Rumah Sakit Tipe D yang telah melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai standar persen
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.1.5.4.1 Meningkatnya Kualitas Layanan Kesehatan Primer di Puskesmas
1.1.2.2.1.5.4.1. Jumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang melaksanakan Pelayanan Kesehatan Primer unit
1.1.2.2.1.5.4.2 Meningkatnya Layanan Kesehatan Rujukan
1.1.2.2.1.5.4.2. Jumlah dokumen hasil penyiapan perumusan dan pelaksanaan pelayanan kesehatan rujukan dokumen
1.1.2.2.1.5.4.3 Meningkatnya Mutu Pelayanan Fasilitas Kesehatan
1.1.2.2.1.5.4.3. Jumlah Fasilitas Kesehatan yang Dilakukan Pengukuran Indikator Nasional Mutu (INM) Pelayanan Kesehatan unit
1.1.2.2.1.5.5 Meningkatnya Kualitas Pelayanan Kesehatan UKM dan UKP Kewenangan Daerah
1.1.2.2.1.5.5.1 Persentase puskesmas yang telah melaksanakan pelayanan UKM dan UKP sesuai standar persen 100 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.1.5.5.1 Tersedianya Prasarana dan Pendukung Fasilitas Pelayanan Kesehatan
1.1.2.2.1.5.5.1.1 Jumlah Jenis prasarana baru pendukung pelayanan kesehatan jenis
1.1.2.2.1.5.5.1.2 Jumlah prasarana baru Fasilitas Pelayanan RS jenis
1.1.2.2.1.5.5.1.3 Jumlah Prasarana Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang Disediakan unit
1.1.2.2.1.5.5.2 Terpenuhinya Kebutuhan Obat, Vaksin
1.1.2.2.1.5.5.2.1 Jumlah obat dan vaksin yang disediakan Paket
1.1.2.2.1.5.5.3 Tersedianya Alat Kesehatan/Alat Penunjang Medik Fasilitas Pelayanan Kesehatan
1.1.2.2.1.5.5.3.1 Persentase Puskesmas dan Rumah Sakit Tipe D yang Telah Melaksanakan Pelayanan Kesehatan Sesuai Standar persen 100% 100% 100% 100% 100%
1.1.2.2.1.5.5.3.2 Jumlah Alat Kesehatan/Alat Penunjang Medik Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang Disediakan unit
1.1.2.2.1.5.5.4 Terpenuhinya Rehabilitasi dan Pemeliharaan Puskesmas
1.1.2.2.1.5.5.4.1 Persentase Puskesmas Yang Telah Melaksanakan Pelayanan UKM dan UKP Sesuai Standar persen 80% 85% 85% 85% 90%
1.1.2.2.1.5.5.4.2 Jumlah Sarana, Prasarana dan Alat Kesehatan yang Telah Dilakukan Rehabilitasi dan Pemeliharaan oleh Puskesmas unit
1.1.2.2.1.5.5.5 Terpenuhinya Rehabilitasi dan Pemeliharaan Fasilitas Kesehatan Lainnya
1.1.2.2.1.5.5.5.1 Persentase Puskesmas Yang Telah Melaksanakan UKM dan UKP Rujukan Tingkat Daerah/Kabupaten Sesuai Standar persen 100% 100% 100% 100% 100%
1.1.2.2.1.5.5.5.2 Jumlah Sarana, Prasarana dan Alat Kesehatan yang Telah Dilakukan Rehabilitasi dan Pemeliharaan oleh Fasilitas Kesehatan Lainnya unit
1.1.2.2.1.5.5.6 Tersedianya Bahan Habis Pakai
1.1.2.2.1.5.5.6. Jumlah bahan habis pakai yang disediakan Paket
1.1.2.2.2 Optimalnya ketersediaan farmasi, alat kesehatan, makanan dan minuman
1.1.2.2.2.1 Presentase Apotik, Toko Obat, Toko Alat Kesehatan dan Optical, Usaha Mikro Obat Tradisional (UMOT) yang sesuai standar persen 15,40 14,50 65 65 80
1.1.2.2.2.2 Persentase Industri Rumah Tangga Pangan yang memenuhi standar untuk penerbitan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) persen 23 8 35 30 50
1.1.2.2.2.3 Persentase Produk Industri Rumah Tangga Pangan yang telah melalui Pemeriksaan Post Market persen 0 0 35 30 50
1.1.2.2.2.4 Persentase tenaga kesehatan yang mendapatkan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) persen 14,4 13,9 0 18,3 22,6
1.1.2.2.2.5 Persentase masyarakat yang mendapatkan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) persen 0,12 0,10 0 1,02 0,92
Sasaran Kegiatan :
1.1.2.2.2.5.1 Meningkatnya Kepatuhan Perizinan Apotek, Toko Obat dan Optikal dan UMOT
1.1.2.2.2.5.1. Persentase Apotek, Toko Obat, dan Optikal, UMOT yang memiliki izin persen 15% 15% 65% 100% 100%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.2.5.1.1 Meningkatnya Kualitas apotek, Toko Obat, Toko Alat Kesehatan dan Optikal, dan UMOT
1.1.2.2.2.5.1.1.1 Jumlah Puskesmas yang dilakukan pembinaan unit
1.1.2.2.2.5.1.1.2 Jumlah Apotek, dan Toko Obat yang dilakukan pembinaan (Sarana Toko Obat) unit
1.1.2.2.2.5.2 Meningkatnya Kepatuhan Perizinan Industri Rumah Tangga Produk Makanan dan Minuman
1.1.2.2.2.5.2. Persentase Industri Rumah Tangga Produk Makanan dan Minuman yang Memiliki izin persen 23% 8% 35% 100% 100%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.2.5.2.1 Meningkatnya Kualitas Keamanan Pangan Industri Rumah Tangga Pangan
1.1.2.2.2.5.2.1. Jumlah dokumen hasil pengendalian dan pengawasan serta tindak lanjut pengawasan sertifikat produksi pangan industri rumah tangga dan nomor P-IRT sebagai izin produksi untuk produk makanan minuman tertentu yang dapat diproduksi oleh industri rumah tangga dokumen
1.1.2.2.2.5.3 Meningkatnya Kepatuhan Perizinan TPM dan DAM
1.1.2.2.2.5.3. Persentase TPM dan DAM yang memiliki izin persen 17% 17% 100% 100% 100%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.2.5.3.1 Optimalnya TTU dan TPM yang memenuhi Syarat
1.1.2.2.2.5.3.1. Jumlah TTU/TPM yang memenuhi syarat unit
1.1.2.2.3 Meningkatnya Rumah Tangga berperilaku hidup bersih dan sehat
1.1.2.2.3.1 Persentase Rumah Tangga ber Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) persen 45 49,08 62 62 62
Sasaran Kegiatan :
1.1.2.2.3.5.1 Optimalnya Peran Kader Kesehatan dan Lintas Sektor di Bidang Kesehatan
1.1.2.2.3.5.1. Persentase Kader Kesehatan dan Lintas Sektor yang aktif dan Mandiri persen 20% 30% 100% 100% 100%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.3.5.1.1 Optimalnya Kompetensi Kader terkait Germas
1.1.2.2.3.5.1.1. Jumlah kader kesehatan yang mendapatkan pembekalan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat orang
1.1.2.2.3.5.1.2 Meningkatnya Kualitas Hidup Bersih dan Sehat Masyarakat
1.1.2.2.3.5.1.2.1 Jumlah dokumen hasil penyelenggaraan Promosi Kesehatan dan Gerakan Hidup Bersih dan Sehat dokumen
1.1.2.2.3.5.1.3 Optimalnya kompetensi kader terkait Germas
1.1.2.2.3.5.1.3. Jumlah dokumen Promosi Kesehatan, Advokasi, Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat dokumen
1.1.2.2.3.5.2 Optimalnya Jumlah Rumah Tangga Ber PHBS
1.1.2.2.3.5.2. Persentase Rumah Tangga Ber PHBS persen 100% 100% 100% 100% 100%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.3.5.2.1 Meningkatkan kesadaran keluarga dalam peningkatan derajat kesehatan keluarga dan lingkungan dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
1.1.2.2.3.5.2.1. Jumlah keluarga yang mengikuti penumbuhan kesadaran keluarga dalam peningkatan derajat kesehatan keluarga dan lingkungan dengan menerapkan Perilaku HIdup Bersih dan Sehat Keluarga
1.1.2.2.3.5.2.2 Meningkatnya kualitas hidup bersih dan sehat masyarakat
1.1.2.2.3.5.3 Meningkatnya Kualitas Peran Aktif UKBM
1.1.2.2.3.5.3. Persentase UKBM yang Aktif persen 100% 100% 100% 100% 100%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.3.5.3.1 Meningkatkan Kualitas Posyandu
1.1.2.2.3.5.3.1. Jumlah Posyandu strata Mandiri unit
1.1.2.2.3.5.4 Optimalnya peran kader kesehatan dan lintas sektor di bidang kesehatan
1.1.2.2.3.5.4.1 Persentase kader kesehatan dan lintas sektor yang aktif dan mandiri persen
1.1.2.2.4 Meningkatnya kualitas tenaga medis dan paramedis
1.1.2.2.4.1 Persentase tenaga medis yang memenuhi standar kompetensi persen 100 100 100 100 100
1.1.2.2.4.2 Persentase tenaga paramedis yang memenuhi standar kompetensi persen 100 100 100 100 100
1.1.2.2.4.3 Persentase puskesmas dengan Sumber Daya Manusia Kesehatan yang berSTR (Tenaga Medis) persen 100 100 100 100 100
Sasaran Kegiatan :
1.1.2.2.4.5.1 Meningkatnya Kompetensi Sumber Daya Manusia Kesehatan
1.1.2.2.4.5.1. Persentase Puskesmas Dengan Sumber daya Manusia Kesehatan yang Ber STR Tenaga Medis persen 100% 100% 100% 100% 100%
1.1.2.2.4.5.2. Persentase Tenaga Medis yang Memenuhi Standar Kompetensi persen 100% 100% 100% 100% 100%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.4.5.1.1 Optimalnya Kompetensi Tenaga Kesehatan
1.1.2.2.4.5.1.1. Jumlah Tenaga Kesehatan yang terlatih orang
1.1.2.2.4.5.1.2 Optimalnya kompetensi tenaga kesehatan
1.1.2.2.4.5.1.3 Optimalnya kompetensi tenaga kesehatan
1.1.2.2.4.5.1.3. Jumlah Sumber Daya Manusia Kesehatan Tingkat Daerah Kabupaten/Kota yang Ditingkatkan Mutu dan Kompetensinya orang
1.1.2.2.4.5.3 Terpenuhinya Kebutuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan Sesuai Standar
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.2.2.4.5.3.1 Terpenuhinya kebutuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan sesuai standar
1.1.2.2.4.5.3.1. Jumlah Sumber Daya Manusia Kesehatan yang memenuhi standar di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) orang
1.4 Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan yang Berkualitas dan Modern
Tujuan RPJMD :
1.4.1 Terwujudnya Pemerintahan yang Bersih, Akuntabel dan Modern
1.4.1.1 Indeks Reformasi Birokrasi angka 62,18 63,09 67,21 69,14 71,92
Sasaran RPJMD :
1.4.1.2 Meningkatnya Kualitas Pelayanan Publik
1.4.1.2.1 Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) angka 2,57 3,3 2,71 3,58 3,64
1.4.1.2.2 Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Tujuan Renstra :
5.2 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
5.2.1 Indeks Kepuasan Masyarakat predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Renstra :
5.2.1 Meningkatnya Kualitas Tata Kelola Pemerintahan Perangkat daerah
5.2.1.1 Indeks Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Dinas predikat Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Program :
1.4.1.2.5 Meningkatnya kualitas manajemen perkantoran
1.4.1.2.5.1 Persentase perencanaan perangkat daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu persen 90 100 100 100 100
1.4.1.2.5.2 Persentase pelaporan perangkat daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 92 96 96 96 100
1.4.1.2.5.3 Persentase tertib keuangan perangkat daerah persen 95,56 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.4 Persentase penyampaian laporan keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100
1.4.1.2.5.5 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.6 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 93,33 95,56 95,56 97,78
1.4.1.2.5.7 Persentase tertib ketatausahaan kantor persen 70 75 80 85 85
1.4.1.2.5.8 Persentase sarana dan prasarana kantor kondisi baik persen 70 75 77 77 80
1.4.1.2.5.9 Persentase PNS perangkat daerah yang berkinerja baik persen 80 80 85 85 85
1.4.1.2.5.10 Persentase Perangkat Daerah yang tertib dalam tata kelola kelembagaan, ketatalaksanaan dan pelayanan publik persen 65 70 75 80 85
1.4.1.2.5.11 Indeks kepuasan layanan kehumasan dan keprotokoleran persen Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.5.5.1 Meningkatnya Kualitas perencanaan, pengendalian dan pelaporan kinerja perangkat daerah
1.4.1.2.5.5.1. Persentase Perencanaan, Penganggaran, dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 80% 85% 85% 85% 90%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.5.1.1 Meningkatnya Kualitas Perencanaan Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.5.1.1. Jumlah Dokumen Perencanaan Perangkat Daerah dokumen
1.4.1.2.5.5.1.2 Meningkatnya Kualitas Rencana Kerja Anggaran (RKA) Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.5.1.2. Jumlah Rencana Kerja Anggaran (RKA) Perangkat Daerah yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.5.1.2.1 Jumlah Dokumen RKA-SKPD dan Laporan Hasil Koordinasi Penyusunan Dokumen RKA-SKPD dokumen
1.4.1.2.5.5.1.3 Meningkatnya Kualitas Rekomendasi Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Kinerja Secara Berkala
1.4.1.2.5.5.1.3. Jumlah laporan evaluasi kinerja perangkat daerah laporan
1.4.1.2.5.5.1.4 Meningkatnya Kualitas Laporan Kinerja Perangkat daerah
1.4.1.2.5.5.1.4. Jumlah laporan akuntabilitas kinerja perangkat derah sesuai standar dan tepat waktu dokumen 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.5.1.4.2 Jumlah LPPD dan Laporan Urusan/ Fungsi Perangkat Daerah yang Tersusun sesuai Standar dan Tepat Waktu dokumen
1.4.1.2.5.5.2 Meningkatnya kualitas pengelolaan keuangan perangkat daerah
1.4.1.2.5.5.2. Persentase Penyampaian Laporan Keuangan Sesuai Standar dan Tepat Waktu persen 80% 85% 85% 85% 90%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.5.2.1 Terpenuhinya Gaji dan Tunjangan ASN
1.4.1.2.5.5.2.1. Jumlah orang yang menerima Gaji dan Tunjangan ASN orang
1.4.1.2.5.5.2.2 Meningkatnya Tertib Administrasi Penatausahaan Keuangan Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.5.2.2. Jumlah SPM yang diterbitkan dokumen
1.4.1.2.5.5.2.3 Meningkatnya Kualitas Penyusunan Keuangan Akhir Tahun
1.4.1.2.5.5.2.3. Jumlah Laporan Keuangan Akhir Tahun SKPD dan Laporan Hasil Koordinasi Penyusunan Laporan Keuangan Akhir Tahun SKPD laporan
1.4.1.2.5.5.2.4 Meningkatnya Kualitas Laporan Keuangan Berkala
1.4.1.2.5.5.2.4. Jumlah Laporan Keuangan Bulanan/Triwulanan/Semesteran SKPD dan Laporan Koordinasi Penyusunan Keuangan Bulanan/Triwulanan/Semesteran SKPD laporan
1.4.1.2.5.5.2.5 Meningkatnya Tertib Administrasi Pelaksanaan Tugas ASN
1.4.1.2.5.5.2.5.1 Jumlah dokumen hasil penyediaan administrasi pelaksanaan tugas ASN dokumen
1.4.1.2.5.5.3 Meningkatnya tertib administrasi barang milik daerah perangkat daerah
1.4.1.2.5.5.3. Persentase Tertib Administrasi Barang Milik Daerah Perangkat Daerah persen 80% 85% 85% 85% 90%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.5.3.1 Meningkatnya Tertib Penatausahaan Barang Milik Daerah pada SKPD
1.4.1.2.5.5.3.1. Jumlah laporan penatausahaan barang milik daerah pada SKPD laporan
1.4.1.2.5.5.4 Meningkatnya tertib administrasi kepegawaian perangkat daerah
1.4.1.2.5.5.4. Persentase Tertib Administrasi Kepegawaian Perangkat Daerah persen 80% 85% 85% 85% 90%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.5.4.1 Terpenuhinya Kebutuhan Pakaian Dinas Pegawai
1.4.1.2.5.5.4.1. Jumlah Pakaian Dinas Beserta Atribut Kelengkapannya Paket
1.4.1.2.5.5.4.2 Terlaksananya Monitoring, Evaluasi, dan Penilaian Kinerja Pegawai
1.4.1.2.5.5.4.2. Jumlah dokumen monitoring, evaluasi, dan penilaian kinerja pegawai dokumen
1.4.1.2.5.5.5 Meningkatnya tertib administrasi umum kantor
1.4.1.2.5.5.5. Persentase Tertib Administrasi Umum Kantor persen 80% 85% 85% 85% 90%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.5.5.1 Terpenuhinya Kebutuhan Komponen Instalasi Listrik / Penerangan
1.4.1.2.5.5.5.1. Jumlah Paket Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor yang Disediakan Paket
1.4.1.2.5.5.5.2 Terpenuhinya Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor
1.4.1.2.5.5.5.2. Jumlah paket peralatan dan perlengkapan kantor yang disediakan Paket
1.4.1.2.5.5.5.3 Terpenuhinya Kebutuhan Alat Rumah Tangga
1.4.1.2.5.5.5.3. Jumlah Paket Peralatan Rumah Tangga yang Disediakan Paket
1.4.1.2.5.5.5.4 Terpenuhinya Kebutuhan Cetak dan Penggandaan
1.4.1.2.5.5.5.4. Jumlah Paket Barang Cetakan dan Penggandaan yang Disediakan Paket
1.4.1.2.5.5.5.5 Terpenuhinya Kebutuhan Bahan Bacaan Koran dan Majalah
1.4.1.2.5.5.5.5. Jumlah Dokumen Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-Undangan yang Disediakan dokumen
1.4.1.2.5.5.5.6 Terpenuhinya Penyediaan Bahan/Material
1.4.1.2.5.5.5.6. Jumlah paket bahan/material yang disediakan Paket
1.4.1.2.5.5.5.7 Terpenuhinya Fasilitasi Kunjungan Tamu
1.4.1.2.5.5.5.7.1 Jumlah Laporan Fasilitasi Kunjungan Tamu laporan
1.4.1.2.5.5.5.8 Terpenuhinya Kebutuhan Koordinasi dan Konsultasi dalam dan Luar daerah
1.4.1.2.5.5.5.8.1 Jumlah Laporan Penyelenggaraan Rapat Koordinasi dan Konsultasi SKPD laporan
1.4.1.2.5.5.5.9 Terpenuhinya kebutuhan alat tulis kantor
1.4.1.2.5.5.6 Optimalnya ketersediaan barang milik daerah penunjang urusan pemerintah daerah
1.4.1.2.5.5.6. Persentase Ketersediaan Kebutuhan BMD Sesuai RKBMD persen 80% 85% 85% 85% 90%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.5.6.2 Terpenuhinya Kebutuhan Peralatan dan Mesin
1.4.1.2.5.5.6.2. Jumlah Jenis Alat Kantor Paket
1.4.1.2.5.5.7 Meningkatnya tertib ketersediaan jasa penunjang administrasi kantor
1.4.1.2.5.5.7. Persentase Ketersediaan Jasa Penunjang Administrasi Kantor Sesuai Standar dan Prosedur persen 80% 85% 85% 85% 90%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.5.7.1 Meningkatnya Tertib Administrasi Ketatausahaan
1.4.1.2.5.5.7.1. Jumlah Surat Masuk dan Keluar dan administrasi ketatausahaan lainnya yang Terkelola surat
1.4.1.2.5.5.7.2 Terpenuhinya Kebutuhan Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik
1.4.1.2.5.5.7.2. Jumlah Laporan Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik yang Disediakan laporan
1.4.1.2.5.5.8 Meningkatnya barang kemanfaatan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1.4.1.2.5.5.8. Persentase Pemenuhan Pemeliharaan BMD Sesuai RKPBMD persen 80% 85% 85% 85% 90%
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.5.8.1 Tertibnya Perizinan Kendaraan Dinas dan Operasional
1.4.1.2.5.5.8.1. Jumlah Kendaraan yang Dilengkapi Surat Izin unit
1.4.1.2.5.5.8.2 Terjaminnya Kemanfaatan Kendaraan Dinas / Operasional
1.4.1.2.5.5.8.2. Jumlah Kendaraan Dinas Operasional atau Lapangan yang Dipelihara dan Dibayarkan Pajak dan Perizinannya unit
1.4.1.2.5.5.8.3 Terjaminnya Kemanfaatan Peralatan dan Mesin Kantor
1.4.1.2.5.5.8.3. Jumlah Peralatan dan Mesin Lainnya yang Dipelihara unit
1.4.1.2.5.5.8.4 Terjaminnya Kemanfaatan Gedung Kantor
1.4.1.2.5.5.8.4. Jumlah gedung kantor dan bangunan lainnya yang dipelihara/direhabilitasi unit